Archive for May 1, 2008

Merekat (Kembali) Cermin Retak Pendidikan Kita

Menjelang peringatan hari Pendidikan Nasional 2 Mei adalah waktu yang tepat untuk mulai merekat (ulang) kembali cermin retak pendidikan kita. Betapa persoalan pendidikan Indonesia adalah masalah krusial yang harus segera dibenahi. Betapa tidak, menurut laporan tahunan Human Development Index UNDP, kualitas Indonesia berada di posisi sangat memprihatinkan, yakni 111 dari 175 negara.

Tragisnya, angka ini kalah jauh dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia yang berada di urutan 58, Thailand 76 dan Filipina 83. Adapun hasil survei tentang kualitas pendidikan di Asia yang dilakukan oleh PERC (The Political and Economic Risk Country) yang berbasis di Hong Kong, Indonesia menempati urutan ke-12 atau yang terburuk.

Read the rest of this entry »

Comments (2)

Dewi Persik, Apa yang Engkau Cari?

(Antara Cinta dan Nelangsa, Inilah Secercah Goresan Jiwa)

Mbak Dewi, bagaimana kabarnya Mbak? Ini surat saya yang pertama untuk Mbak. Saya tahu Mbak justru semakin sibuk manggung setelah kontroversi pencekalan Mbak di mana-mana. Wah, sampai tiap hari saya melihat wajah Mbak di televisi!

Saya terharu dengan kisah hidup dan rumah tangga Mbak yang mengalami perceraian dengan penyanyi Saiful Jamil. Tapi, saya juga kasihan dengan seorang bocah di Jawa Timur. Itu lho, yang diperkosa kakek-kakek. Yang tragis, katanya, si kakek memperkosa karena terangsang setelah menonton VCD Mbak Dewi… Bagaimana Mbak tanggapannya?
Read the rest of this entry »

Comments (5)