Kaganangan Kotaku Kandangan

kdgan

Kandangan kotaku.

Tak lagi ku dengar ketipak gerobak sapi mengawal pagi .

Kandangan kotaku.

Tak lagi ku dengar cericit pipit di sela hamparan padi.

Kandangan kotaku.

Tak lagi ku dengar derak-derik, leguh-legah pedati dan genta.

Gedebur riak Amandit yang menghiba,

Kuningnya air muara dan kapal-kapal kecil di waktu senja.

Dan aku tak melupakanmu, Kandanganku, Sungai Amandit, Kampung Taniran, Bumi Antaluddin.

Panasmu lusuhkan kemeja,

Derap langkahmu,

angin lengkisaumu

dan masa lampaumu.

Aku tak bersedih karena semuanya ini.

Sebab telah menggelitik bawah sadarku sampai aku jatuh cinta.

Bila aku tiada lagi nanti Kandangan kotaku, janganlah bersedih

bagai mentari tenggelam di balik jubahmu.

Setelah menulis puisi di atas, entah kenapa mataku berkaca-kaca…

Ingat Kandangan.

Ingat Sungai Amandit

Ingat pematang sawah belakang rumah

Ingat layang-layang di musim kemarau.

Pohon-pohon sagu yang rimbun

Pohon nyiur yang tingginya menjulang

Padi huma yang tumbuh melaut dan melentuk-lentuk diterpa bayu

Sungai yang mengalir dari kaki gunung yang membiru

Ingat Loksado

Ingat air terjun Haratai

Tanuhi

Ingat gunung Batu Bini dan Batu Laki

Ingat Padang Batung

Durian Rabung, Niih, Karang Jawa, Mandapai, Telaga Langsat

Ingat Hassan Basry

Etos kepahlawanan

Amuk Hantarukung,

Panglima Dambung

Jembatan Antaluddin di waktu malam.

Ketupat Kandangan.

Pakasam,

Gangan humbut,

Iwak saluang,

Makanan khas sehari-hari.

Ingat lantunan ayat-ayat suci Qur’an dari Masjid As-Su’ada

Ingat Acil Basirun, guru pertamaku mengeja alif-ba-ta.

Ingat Riswan, kawan sepengajian

Ingat Teman-teman.

Ingat Tetangga.

Wajah ramah penuh sumringah

Ingat Uma Abah

Pusara nenek kakek

Ingat madrasah tempat menuntut ilmu

Semuanya tertanam dengan baik dalam bagian otak yang menyimpan episodic memory….

membangkitkan emosi tertentu saat mengenangnya kembali lewat sebuah nostalgia.

Kandanganku…. ingin rasanya kembali bercengkrama denganmu, melewati waktu di tepian sawah belakang rumah, merasakan jernihnya air kehidupan, menaikkan layang-layang harapan setinggi-tingginya, serta tidur di halaman masjid saat purnama tiba.

Kandanganku…… Sekarang aku jauh darimu, namun kerinduanku sekarang ini kepadamu tak akan cukup jika aku suratkan di sepanjang jalan menuju dirimu.

Kandanganku…. Maafkan aku, tiada dapat aku mengunjungimu sekarang ini. Namun percayalah… jikalau senandung di pagi hari melantun dari bibirku, tiada lain hanya senandung rindu akan dirimu, senandung keindahan pesona kotamu dalam kalbu, yang terpancar dalam senyumku di tiap pagi yang aku lewati.

Kandanganku….. Aku titipkan kedua orang tuaku bersamamu, karena hanya dirimulah yang akan memberikan kedamaian buat mereka seperti halnya kedamaian yang aku rasakan, walau hanya bisa mengenang keindahan dan menghirup aromamu dari keletihan hati.

Kandanganku….. Tulisan ini aku awali dan aku akhiri dengan paragraf cinta yang tersirat indah dalam hati. Penuh harap dan tetap menanti… menanti waktu untuk aku kembali bersamamu dan mentari… telusuri pematang hati yang terbentang sebagai permadani kehidupan.

Aku makin rindu sekarang. Rindu hamparan luas sawahnya yang dilatari Gunung Meratus. Rindu makanannya yang membuat lidah tak henti bergoyang. Rindu dengan adatnya yang kadang rumit dan tidak efisien, namun eksotis. Bahkan aku juga rindu bau aroma khas rumput basah berembun di pagi hari. Rindu suara seruling yang mendayu-dayu memanggil anak negeri untuk menengok kampung halamannya.

Aku rindu dengan semuanya….

Tak pernah aku melupakanmu….

Kaganangan Kandangan Kotaku.

Sumber foto (asli) Kandangan: www.dadans-photography.blogspot.com

32 Comments »

  1. Ass.

    Jadi taumpat kaganangan nam … tarasa hanyar marian bagaya lawan kakawalan di pahumaan.

    Ya … rindu yang teramat dapat menghilangkan jarak dan waktu.

  2. robby said

    jadi kangen ma kampung halaman………..

  3. rasid09 said

    kaya itukah … umpatlah kena …???

  4. perubahan selalu terjadi setiap saat

  5. ilham said

    asli … makan katupat kandangan nang nyaman lawan haruan babanam, tambah sambal acannya …

  6. sandi said

    Ah, kadangan, mengingatkan kepada seorang perempuan…

  7. shaleh said

    untung kada kaganangan lagi karena udah bagana di kandangan

  8. Aku serimng ke Kandangan, isteri orang Kandangan he he …

  9. hajriansyah said

    fotonya bagus, kandangankah itu?
    kalo sandi, setiap kota mengingatkannya–selalu–pada perempuan.
    perempuan, perempuan…. ah!

  10. cozyrira89 said

    nice shoot..mirip lukisan, sungai apa sih namanya?

  11. adi said

    jadi pengen pulang kampung….

  12. Catra? said

    bikin saya jadi homesick juga nih mas….
    pengen mudik…….😦

  13. yulianbjm said

    wow… kandangan… saya juga rindu kandangan, kapan kembali lagi kesana, memang gak jauh sih, cuma kesempatan saja yg sulit di dapat, terakhir kesana
    waktu road Shownya komunitas blogger kalsel…saya rindu loksado, dan Tanuhi…

  14. pak, ulun umpat bahabar…

    ada seminar pendidikan nasional…
    Tema
    ProfesionalitasTenaga Pendidik

    Judul
    ProfesionalitasTenaga Pendidik: Substansi dan Formalitasnya

    Tujuan
    1. Mengupas persoalan profesionalitas tenaga pendidik dari substansi dan formalitasnya.
    2. Mengetahui bagaimana persoalan profesionalitas tenaga pendidik ini dperhatikan oleh pengambil kebijakan dan tenaga pendidik itu sendiri.
    3. Mengetahui bagaimana seharusnya substansi dan formalitas profesionalitas tenaga pendidik.

    Waktu dan Tempat Kegiatan
    Waktu : Rabu, 25 maret 2009
    Tempat : Aula Lantai 1 Rektorat Unlam

    Pembicara
    Prof. Sutarto Hadi Msc (pakar pendidikan Kalimatan Selatan)
    Sukamta Ph. D (praktisi pendidikan, pendiri SDIT international)
    Jatmiko ( dewan penasehat education center Jogjakarta)

    pendaftaran di sekre FKIP UNLAM Banjarmasin
    guru/umum Rp 100.000,-
    mahasiswa Rp 50.000,-

    mohon dikabarkan pada yang lain, semoga ada yang berminat…

    makasih…

  15. yoga said

    kandangan is beutifful

    hehehee

  16. Jay said

    Jadi teringat suatu tempat……

  17. Kandangan memang tekenal sejak dulu sejak jaman penjajah, blog pian ulun link bi blog ulun boleh lo

  18. hafizmajidi said

    assalamualikum wr wb
    pas berselancar internet tadapat jua tulisan orang banjar apalagi tantang banua kalahiran
    Umpat kaganangan jua ulun lawan Kandangan

    ” Setiap Lelaki akan selalu mengingat Negeri tempat dia tumbuh , bahkan sampai mati wlaupun di negeri jauh dan didampingi istri yang menawan ”

    salam ulun di Jakarta

  19. rido said

    umpat gabung pang aku lagi di palangkaraya kaya apa bandungan di malutu tuntunglah su7dah

  20. darudut said

    Salam Kandangan cingai!!! Ulun urang kandangan jua tapi wayah hini ulun bagana di Berau Kaltim, ulun malihat tulisan pian asa kaganangan jua lawan kandangan!!!!

  21. Alfian said

    Kaganangan jua am, mintuha ulun di Gambah Dalam. Salam kenal dan sukses selalu. Di Blog ulun ada jua puisi, mun katuju puisi, datangi ha.
    Makasih. Salam gasan barataan

  22. Arie said

    ULun urang Kandangan jua di Pandai lawan di Tibung.
    Tapi wahini begana di Balikpapan rancak haja pank bulik tapinya..
    salam kenal pak lah

  23. dayat said

    kandangan…tempat aq dilahirkan dipeluk cium sang rembulan,jd ingat zaman dl,zaman babukahan lwn kawanan di balakang rmh,lwn sahrul,juli,budi. kyp kh wayahini habar bubuhannya,ingat mandia dahulu dibatang banyu,kaina dtg abah lwn pamukul manyuruh bulik.
    Kandangan aq kaganangan bnr nh… hdk bnr bl hr raya barang bulik,tp kaadaan kd mamungkinkn… mudh2n kaina kawa blk,badiam lg di Kandangan. amin

  24. erwansyah said

    Burung bubut burung pialing kandangan tambus ka judah duduk maungut bapadah garing,karindangan kada bapadah……heheheheheeeee

  25. erwansyah said

    kandangan cingai……….

  26. Asa sanang hati mambaca blog pian. Bangga jadi urang Kandangan.

  27. rahmat said

    umpat lalu.

  28. Nida guslaili said

    kandangan akan tetap manis dan selamanya akan tetap manis

  29. Kamal Ansyari said

    Umpat jua bakajal…..
    Umpat jua kaganangan…..
    Dandaman wan banua……
    Kilip2 di muhara lawang m ingatakn wayah bahari babukahan wan bakukuntawan.
    Jgn kd ingat dodol wan katupat kandangannya gsan oleh2.
    Kandangan Cingai…..
    Mudahan makin tahun Kandangan makin maju urang wan banuanya.

  30. ahonk said

    behc ingat bahari malam2 tulakan wn kakawanan mangatupat kaparincahan…
    kandangan …

  31. umpat kaganangan matan bogor

  32. love love kandangan
    hahaaha

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: