Seminar Motivasi Kepenulisan (Bersama Ersis Warmansyah Abbas & Penulis-penulis Banua)

Dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang”

seminar-mtivasi

Pendahuluan

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) MAN 2 Model Banjarmasin ke-11 tanggal 20 Pebruari 2009, MAN 2 Model Banjarmasin mencoba menggali kreatifitas guru yang masih terpendam. Banyak potensi yang belum tersalurkan khususnya bidang tulis menulis dan jurnalistik.

Kegiatan tulis menulis dan mempublikasikannya pada suatu media masa merupakan bagian pengembangan profesionalisme dan kompetensi yang perlu senantiasa dikembangkan. Sebab keterampilan menulis dan menuangkan suatu gagasan dapat dipelajari dan dilatih agar menjadi lebih terampil. Penuangan hasil karya guru dapat dimuat pada majalah dinding (mading), buletin guru dan surat kabar, bahkan bisa diterbitkan dalam bentuk buku.

Disadari atau tidak keterampilan menulis di kalangan guru saat ini terkesan kurang diminati. Hal ini setidaknya dapat kita lihat dari kurangnya perkembangan mading atau buletin sekolah. Di sisi lain, ada anggapan dari kalangan guru, menulis merupakan “momok” yang menakutkan. Indikatornya dapat dilihat dari adanya stagnasi kepangkatan di kalangan pegawai fungsional yang bergolongan IV.a.

Menggugah semangat para guru untuk menulis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Walaupun sebenarnya profesi guru tidak lepas dari aktivitas tulis menulis. Mulai dari menyiapkan Silabus, Program Tahunan, Program Semester atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sampai evaluasi belajar siswa, semuanya tak lepas dari tulis menulis.

Salah satu faktor yang membuat gairah guru untuk menulis susah berkembang, adanya anggapan yang keliru di kalangan guru tentang aktivitas tulis menulis ini.

Pertama, anggapan bahwa menulis itu sulit dan membutuhkan bakat dan keterampilan khusus.

Kedua, guru tidak punya banyak waktu untuk menulis. Sebagai pendidik dan pengajar, tentunya cukup sulit bagi guru meluangkan waktunya untuk menulis. Namun kalau mau jujur di sinilah sebenarnya guru menemukan banyak ide, tantangan dan peluang.

Ketiga, tidak adanya wadah yang representatif. Salah satu faktor penghambat/ penyebab kurang bergairahnya guru menulis adalah tidak adanya wadah yang representatif dari sekolah atau pihak-pihak terkait, walaupun hanya berbentuk sebuah mading/ buletin sekolah.

Selain itu juga karena kurang adanya sentuhan spirit/ rangsangan atau penghargaan misal, berupa kredit poin untuk menunjang karir guru. Atau ada forum tertentu dari lembaga yang kompeten yang bisa menampung dan mewadahi ide-ide guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Selatan.

Menyadari akan permasalahan di atas, maka MAN 2 Model Banjarmasin terpanggil untuk melaksanakan seminar motivasi menulis bagi para guru se-Kalimantan Selatan.

Tema

Dengan Menulis Kita Tingkatkan Kompetensi dan Kreativitas Guru“.

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan :

  1. Menumbuhkan motivasi dan semangat menulis dikalangan guru/ pendidik.
  2. Meningkatkan pengetahuan guru di bidang kepenulisan/ jurnalistik
  3. Menumbuhkembangkan kreatifitas guru dalam mengungkapkan ide-ide cemerlang.
  4. Meningkatkan wawasan kepenulisan di kalangan guru se-Kalimantan Selatan.

Target

  1. Terselenggaranya seluruh kegiatan dengan memberikan manfaat sesuai perencanaan.
  2. Terciptanya kesadaran dan motivasi para guru/ pendidik untuk menulis sebagai implementasi pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru.
  3. Terwujudnya budaya dan iklim ilmiah di kalangan guru

Waktu dan Tempat Kegiatan

  • SEMINAR MOTIVASI KEPENULISAN

Hari/Tangal : Sabtu/ 14 Pebruari 2009

Waktu : 08.00 s/d 14.00 WITE

Tempat : Aula MAN 2 Model Banjarmasin,

Jl. Pramuka RT.20 No. 28 Banjarmasin

  • BEDAH BUKU

Judul Buku : JAZIRAH CINTA

Penulis : Randu Alamsyah

Endorsement : Zulfaisal Putera (Guru SMAN 2 Banjarmasin)

Materi dan Nara sumber

Seminar menampilkan sejumlah nara sumber yang membahas topik yang ada, kemudian ditambah dengan tanggapan/ pertanyaan dari peserta.

No

Hari/Tgl

Jam

Kegiatan

Ket.

1

Sabtu,

14 Pebruari 2009

07.30 – 08.00

Cek in

Panitia

08.00 – 08. 30

Pembukaan

Kabid Mapenda Depag Kalsel

08.30 – 10.00

Membangkitkan Semangat Guru untuk Menulis

Ersis Warmansyah Abbas

(Motivator/ Dosen FKIP Unlam)

10.00– 11.00

Kiat dan Teknik Menulis di Media Massa

Aliansyah Jumbawuya (Jurnalis Banjarmasin Post/ Serambi Ummah)

11.00 – 13.00

Menengok Dapur Kreativitas Penulis Banua

  1. Sandi Firly (Blogger/ Redaktur Radar Banjarmasin)

  2. Farah Hidayati (Cerpenis/ Novelis)

  3. Syamsuwal Qomar (Penulis Buku “Geliat Pemikiran Kampus)

  4. Rahayu Suciati (Penulis Buku “Aku Bangga Jadi Urang Banjar)

Waktu menyesuaikan

13.00 – 13.30

Bedah Novel “Jazirah Cinta”

(Endorsement Tokoh)

Randu Alamsyah (Penulis)

Zulfaisal Putera (Guru SMAN 2 Bjm)

13.30 – 14.00

Penutup

Kepala MAN 2 Bjm

Peserta Kegiatan

  • Peserta : Guru, staf pengajar, mahasiswa dan umum (peserta maksimal 150 orang)
  • Kontribusi : Rp. 50.000,-
  • Fasilitas : Makalah, Piagam, Snack dan Makan siang
  • Waktu Pendaftaran : 27 Januari s/d 12 Pebruari 2009
  • Tempat :
  1. MAN 2 Model Banjarmasin: Jl. Pramuka, RT.20 No. 28 Telp. (0511) 3258164
  2. TB. Al-Azhar (Kampus STIE Banjarmasin): Jl. H. Hasan Basri No. 11 Banjarmasin
  3. Contact Person :
  • Taufik (0815 21515513)
  • Basuki (0813 49661477)

Penutup

Demikanlah naskah usulan Seminar Motivasi dan Bedah Buku yang diselenggarakan oleh MAN 2 Model Banjarmasin.

Mudah-mudahan memberikan manfaat yang berarti bagi para guru dan civitas akademika di Banjarmasin. Semoga Allah selalu memberikan bimbingan dan petunjuk serta kekuatan iman dan taqwa bagi umat-Nya dalam menjalankan amal ibadahnya.

41 Comments »

  1. Said said

    Daftarkan diri anda di pelaksanaan even terbesar blogger kalimantan selatan di
    http://www.aruhblogger.com
    dan daftarkan diri anda di http://www.aruhblogger.com
    Untuk bisa daftar lewat recomendasi hubungi saya via phone:05117175641

  2. basuki said

    Saya pendaftar pertama

  3. anas said

    wah bagus nih seminar nya.
    saya sih suka nulis jg.terutama di blog.
    salam kenal ya bang.
    tp acaranya pas jam kerja ya????
    salam bangga aja buat guru se kalsel.

  4. sandyagustin said

    andai saya bisa ke Banjarmasin pada hari itu…
    ah, semoga saja….

  5. Hejis said

    Lho bung Taufik sendiri kok gak ada di daftar pembicara?
    Ya udah. Selamat berseminar, semoga sukses ya. Salam hangat.😀

  6. sayangnya jauh banget dari tempatku, kalau dekat pasti ikut dan ngajak banyak teman

  7. Sii Eby said

    mau ikut pa….
    tapi ada ada lattap lapangan…😦

    Acara puncak ultah manda kapan pa??

  8. kalo nya Ersis yang jadi pembicaranya lewar bosan sudah Bos ae…dikampus bilang itu itu ja yang di omongkan kyak kaset tapuntal ja……he..he..

  9. Waahh.. acara yang bagus nech.. tapi kejauhan bagi sya untuk pergi ke sana… hmmm.. just say.. “Selamat dan Sukses”

    Salam kenal…😉

  10. iwan said

    boleh ikutan……………………

  11. nunu said

    Wah…

    event istimewa neh..
    punya waktu nggak ya???
    maklum domisii bjb n sibuk kul pula hehehehe

  12. Ass.

    Apa ada guru yang jadi pembicara … pengalaman guru dapat juga lho memotivasi peserta yang guru.

    Juga, mungkin nggak ya? Masing-masing peserta diwajibkan menulis minimal satu lembar kuarto (spasi 1,5) tentang apa saja, bebas (mau ikut aturan atau tidak terserah), yang diserahkan pada saat seminar berlangsung.

  13. rasid09 said

    sukses untuk kita jadikan momentum ini untuk mengembangkan profesi, jangan lupa didaftarkan sobat…

  14. Siti Fatimah Ahmad said

    Terima kasih atas info ini. Saya juga ingin ikut. Tapi apakan daya. Hanya mengharap kejayaan buat anda semua dari jauh. Semoga anda yang menyertai seminar ini akan beroleh banyak kebaikan dan manfaat. Salam hormat dari UKM, Bangi Malaysia.

    • ASSALAMUALYKUM,

      I AM MADAM FATIMA AZZA, 65 YEARS OLD FROM UNITED ARAB EMIRATE (UAE). I BECAME A CITIZEN OF COTE D’IVOIRE (WEST AFRICA) DUE TO MARRIAGE WITH DR.MOHAMED AZZA FROM COTE D’IVOIRE WHICH WILL PROBABLY BE MY FINAL RESTING PLACE. I WAS BORN AN ORPHAN IN 1944 AT MY HOME TOWN UAE,THEREAFTER WAS BLESSED TO HAVE MARRIED A HUMBLE AND KIND MAN DR.MOHAMED AZZA. WE BOTH STRUGGLED AND WORKED HARD AND THE ALMIGHTY ALLAH BLESSED US ABUNDANTLY WITH RICHES. HE WAS A DEALER IN GOLD, DIAMONDS AND TANTALITE.

      I AM NOW OLD AND SICK WITHOUT A HUSBAND AND CHILDREN. THIS HAS MADE ME UNHAPPY. I HAVE NOT RE-MARRIED DUE TO THE FACT THAT I WANT TO CHERISH MY HUSBAND’S MEMORIES. FOR 2MONTHS NOW I HAVE BEEN SERIOUSLY SICK. I AM PRESENTLY IN HOSPITAL SUFFERING FROM CANCER AND I HAD A STROKE WHICH HAS AFFECTED MY SPEECH. THE LEFT SIDE OF MY BODY IS PARALYSED. THE DOCTORS SAY I HAVE A FEW MONTHS LEFT TO LIVE. I COULD BE ABLE TO COMMUNICATE YOU WITH A HELP OF SISTER NURSE DUE TO URGENCY SO THAT I WILL HAND OVER THE INFORMATIONS OF THIS FUNDS TO YOU NOW THAT I AM STILL ALIFE.

      I DONT KNOW YOU, I WAS ABLE TO GET YOUR EMAIL ADDRESS THROUGH A SPECIALISED SOURCE AND BY THE LEADING OF OUR GREAT PROPHET MUHAMMED.BEFORE THE DEATH OF MY HUSBAND HE DEPOSITED US$3.5 MILLION IN A METALIC TRUNK BOX WITH AN INSURANCE COMPANY HERE IN COTED’IVOIRE. THE DOCUMENTS AND PAPERWORKS ARE WITH MY ATTORNEY.I WANT YOU TO BENEFIT THIS FUNDS FOR ORPHANAGE WORK IN YOUR COUNTRY IN REMEMBERING OF MY LATE HUSBAND”S NAME IN YOUR COUNTRY AND OTHER ISLAMIC COUNTRIES ASWELL, INSHALLAH GIVING TO THE POOR AND LESS PRIVILEDGED ONCES IS WHAT BEING A MUSLIM, ALL I NEED FROM YOU IS YOUR ASSURANCE THAT YOU WILL USE THIS FUNDS JUDICIOUSLY AS STATED IN THIS MESSAGE BY SENDING ME YOUR FULL CONTACT DETAILS AND A SCAN COPY OF YOUR INTERNATIONAL PASSPORT.

      I SHALL SEND YOU MORE DETAILS AND THE CONTACT OF THE LAWYER IN MY NEXT EMAIL FOR YOUR NEW APPOINTED BENEFICIARY DOCUMENTS AS I CAN NOT HANDLE THE LEGAL STEPS DUE TO MY PRESENT ILLNESS HERE IN THE HOSPITAL.

      ALLAH HAFFIZ,
      MADAM AZZA.

  15. budimeeong said

    wew…..pasti sukses tuh…salam kenal…

  16. rocknoida said

    ini dimane nih tempatnya ??

    cuma negor n ada post baru tuh di blog ane

  17. AYO IKUTAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAN..!!!

  18. wah.. handak kopdar nah ma farah. Pulkam kah inya ? Dia kan blogger juga di multiply. Bang Sandy ? Pak Ali ? Hehehehe… wah, ketemu lagi ketemu lagi.

  19. suhadinet said

    semoga sukses!

  20. bibidapi said

    yaaahhh jauh bener di Banjarmasin, kalo deket mau ikutan dehh. Bantu doa aja deh, biar sukses ya acaranya😉

  21. ziezie said

    wah kegiatan yg bagus nih sob

  22. iwan said

    makasih yah…………………….
    selamat berkunjung and tak bosan untuk mengajar aq yanbg bodoh ini…..
    heheh…………
    makasih….makasih………….
    salam yah buat keluarga……….and teman kamu

  23. Rizal said

    wow seminar yang menarik sekali..semoga saja saya sempat ikutan..sekarang lagi berlibur di kampung halaman nih…

  24. galuhmanulis said

    seminarnya benar-benar menarik hati..
    Pengen ikutan….Tapi, sayang sekali gak bisa ke banjarmasin.
    Mudah-mudahan acaranya nanti bisa diadakan di daerah.

  25. irsanfinazli said

    Inilah salah satu gebrakan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat pada segmen Guru-guru. Harapan saya : Agar seimbang antara Membaca dan Menulis.
    Membaca, sudah. Mengajar, sudah. Tinggal menulis yang perlu dibudayakan.
    Saya sangat mendukung…
    Lanjutkan perjuangan.

  26. membaca diimbangi dengan mendengarkan, sedangkan menulis diseimbangkan dengan berbicara kemudian…….

  27. Sarah Luna said

    OOhh.. Begitu yaaa…

  28. budimeeong said

    Mudahan sempat pas dibjm….sekedar info pa’ae…minggu 1 Februari kodar di Pahuluan…

  29. rocknoida said

    jadi ceritanya kang ersisi bikin acara lagi nih😛

    cuma negor n ada post baru di blog ane

  30. Zulmasri said

    selamat selamat. maaf saya gak bisa ikut. jauh sih. tetap saya doakan, semoga sukses. ok

  31. Saya mau ikut mendaftar deh, mudah2an dpt izin dr kepala madrasah. Kegiatannya bagus & bermanfaat terutama bagi guru. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan juga sebagai ajang ‘kopi darat’ para guru blogger. Siapa tau ada pihak2 yg mau mensponsori penerbitan tulisan2 para guru banua. Terimakasih pak taufik atas undangannya. Minta tolong didaftarkan dulu. Biaya pendaftarannya ditransfer via rekening BRItama bisa aja kan?

  32. jumbawuya said

    Nah lo ditanyai, kenapa Bung Taufik kada jadi pembicara saja? he he…

  33. rocknoida said

    cuma negor ajah kang topik….

  34. yulianbjm said

    Wah bang Taufik, semoga sukses ya acaranya……

  35. shaleh said

    semoga bisa ikut karena saya masih di kandangan

  36. inidanoe said

    SUKSES buat acaranya….
    saya cuma bisa bantu doa aja😀

  37. uki21 said

    wah da trener nih di sini…
    met berjuang du setiap seminar

  38. Jay said

    Ide kreatif tuh………

  39. yusuf said

    ws.. salam pahuluan juga..

    saya dukung sepenuhnya pak.. acara kaya gini seharusnya yg lebih diperbanyak dan diperhatikan, moga aja pas ga ada kesibukan kerja..

    salam kenal dan sukses slalu ya pak..

  40. budisan68 said

    handak pang umpat, waduh…… sayang hari itu ada acara keluarga. kapan2 harus ada lagi ya… sukses

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: